28.2 C
Indramayu
Minggu, September 22, 2024


Superioritas Indonesia di G20  

Oleh Dr. Supriyanto Sayama
(E-mail: hujandikm97@gmail.com)

SIAPA saja yang beruntung atau diuntungkan oleh gelaran KTT G20 di Bali, beberapa waktu lalu? Tampaknya banyak yang memperoleh cuan. Salah satu yang menonjol adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan superioritasnya di dunia internasional. Apa saja superioritas Indonesia yang dimaksud? Tulisan singkat ini hendak mendeskripsikan hal itu sebagai sebuah testimoni rasa bangga penulis sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang besar ini.

- Advertisement -

Tema yang diusung oleh Indonesia saat memperoleh kesempatan untuk menduduki kursi presidency (keketuaan) G20 pada akhir Oktober 2021 adalah Recover Together, Recover Stronger yang dalam bahasa Indonesia sepadan dengan gabungan kata “Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat”. Tema tersebut jelas sangat relevan dengan kondisi masyarakat G20, bahkan masyarakat sedunia, yang sedang berusaha bangkit dari kejatuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Di saat beberapa negara sedang berupaya bangkit dari keterpurukan akibat Covid-19, kondisi ekonomi dunia mendadak berubah sebagai imbas dari perang Rusia vs Ukraina yang dimulai 24 Februari 2022. Saat harga-harga komoditas yang terkait dengan supply and chain dari kedua negara yang berperang tersebut meningkat, melambung tinggi, banyak negara geram terhadap Rusia.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terpopuler