27.8 C
Indramayu
Senin, September 23, 2024


Tiga Keunggulan Kurikulum Merdeka

Hasil survey dapat membantu sekolah untuk memutuskan bagaimana sekolah akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023, dalam tiga pilihan: Pertama, menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka tanpa mengganti Kurikulum 2013 yang sedang dilaksanakan oleh sekolah tersebut.

Kedua, menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan khusus untuk satuan pendidikan PAUD, kelas I dan IV di jenjang SD, kelas VII di jenjang SMP dan kelas X di jenjang SMA, dan ketiga, menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengambangkan perangkat ajar oleh mereka (guru-guru di sekolah) sendiri. Perangkat ajar yang dimaksud adalah perangkat untuk satuan pendidikan PAUD, kelas I, IV, VII, dan X.

- Advertisement -

Pilihan manakah yang paling benar? Tidak ada yang paling benar, sebab kesiapan para guru dan tenaga kependidikan di setiap sekolah berbeda-beda. Perbedaan kesiapan inilah yang mendasari pilihan manajemen sekolah untuk menentukan pilihan.

Tiga Keunggulan
Upaya banyak ahli pendidikan untuk melahirkan Kurikulum Merdeka diyakini, dan semoga memang demikian faktanya, memiliki keuntungan dibanding kurikulum terdahulu. Setidaknya, terdapat 3 (tiga) keunggulan dari Kurikulum Merdeka yang dipromosikan ke publik.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terpopuler