27.8 C
Indramayu
Senin, September 23, 2024


Tiga Keunggulan Kurikulum Merdeka

Pertama, lebih sederhana dan mendalam. Kurikulum Merdeka dari aspek materinya lebih fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan fasenya. Hal ini diyakini akan membuat proses belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, menyenangkan, dan tidak terburu-buru.

Kedua, lebih merdeka. Dalam hal ini merdeka bagi peserta didik, guru, dan sekolah. Bagi peserta didik, merdeka dirasakan sebab, misalnya, di jenjang SMA tidak ada lagi program peminatan, sebab mereka dapat memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Bagi guru, merdeka dirasakan sebab guru tidak dikejar target kurikulum. Guru dapat mengajar sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

- Advertisement -

Ketiga, sekolah memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didiknya. Keunggulan yang ketiga ini sebenarnya sudah dimiliki juga oleh kurikulum sebelumnya (Kurikulum 2013 atau KTSP) namun Kurikulum Merdeka menyediakan sarana untuk secara lebih besar dan leluasa mengembangkan dan mengelola kurikulum melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Platform inilah yang tidak ada pada kurikulum terdahulu.

*Penulis adalah salah seorang Pegawai di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, alumni Program Doktor (S3) Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia.  

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terpopuler