28.2 C
Indramayu
Minggu, September 22, 2024


Tiga Aspek Kunci Keberhasilan Program Lebu Digital (Desa Digital) Cangkingan

Sebagai desa pertama yang melaksanakan tentu saja desa ini masih memiliki beberapa kekurangan dalam operasionalnya. Kekurangan ini seharusnya bisa dijadikan oleh desa lain dalam menyempurnakan program lebu digital di desanya.

Namun dalam pelaksanannya menjalankan konsep lebu digital tidak sedikit desa yang gagap dan tidak paham mau diapakan dan dikemanakan program tersebut. Akibatnya, meskipun sebagian besar telah ‘mengklaim’ melaksanakan lebu digital namun manfaatnya masih belum dirasakan pemerintah dan masyarakatnya.

- Advertisement -

Lantas seperti apa Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder ini menjalankan Lebu-Digital ataupun Desa Digital? setidaknya menurut penulis terdapat 3 aspek yang harus diperhatikan untuk mendukung dan berhasilnya pelaksanaan lebu digital Desa Cangkingan. Pertama: tata kelola pemerintahan, kedua: layanan publik, ketiga: pemberdayaan masyarakat.

Desa Cangkingan saat ini telah menerapkan tata kelola pemerintahan secara digital. Dikomandoi oleh kuwu, para aparatur desa (pamong desa) diharuskan upgrade kemampuan pribadi untuk mengerti serta paham IT dan digital yang sudah tersedia.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terpopuler