27.8 C
Indramayu
Senin, September 23, 2024


Menakar Kesiapan Satuan PAUD di Kab. Indramayu Menghadapi Akreditasi 2024: Akreditasi Sekolah yang Murah, Mudah, dan Menyenangkan

Oleh Dr. Supriyanto Dj. Manguntaruno
( E-mail: hujandikm97@gmail.com )

AKREDITASI Sekolah merupakan ketentuan yang harus dijalani oleh semua satuan pendidikan di Indonesia. Akreditasi menyoal kelayakan setiap lembaga pendidikan dalam memberikan layanan kepada konsumen (peserta didik atau siswa).

- Advertisement -

Satuan pendidikan (sekolah) yang terakreditasi memberikan pesan kepada konsumen bahwa sekolah tersebut berstatus layak untuk beroperasi berdasarkan persyaratan atau standar minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Siapa yang mewakili pemerintah untuk melakukan akreditasi?

Kegiatan Sosialisasi Akreditasi PAUD oleh Anggora BAN PDM di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, Senin April 2024. Foto: Supriyanto Dj. Manguntaruno

Dalam hal ini, pemerintah — melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) — mengamanatkan proses penilaian akreditasi sekolah kepada Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN PDM).

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terpopuler