27.8 C
Indramayu
Senin, September 23, 2024


Sinergitas DPRD-Kepala Daerah harus Diarahkan secara Positif untuk Pecahkan Persoalan Kerakyatan

MHNEWS.id.- Bupati Nina Agustina menghadiri pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Indramayu periode 2024-2029 di gedung wakil rakyat setempat, Jumat (30/8/2024).

Kepada 50 orang anggota DPRD yang merupakan mitra kerjanya itu, Nina Agustina menyampaikan pesan dengan membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian.

- Advertisement -

Ia mengatakan bahwa DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang bermitra sejajar dengan kepala daerah. Hal itu sebagaimana UU No 23/2014 tentang pemerintahan daerah.

Dalam kedudukan tersebut, telah dipertegas tentang pola hubungan kemitraan antara DPRD dengan kepala daerah yang bersifat saling kontrol dan seimbang.

Hal itu dimaksudkan untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah.

“Oleh sebab itu, sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan,” katanya.

Ia pun mengingatkan anggota DPRD yang tak lain pencalonannya melalui partai politik itu agar mengedepankan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Mengingatkan juga tentang tiga fungsi DPRD, yakni pembentukan peraturan daerah, penyusunan anggaran dan pengawasan.

“Penggunaan ketiga hak tersebut, merupakan rangkaian hak DPRD sebagai kesatuan kausalitas,” ucapnya.

Penulis  : Rohman
Editor    : Wawan Idris

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Terpopuler